Sunday 17 February 2019

5 Cara Berfikir Terbuka

Di dunia yang multikultural ini, menjadi orang yang open minded atau berpikir terbuka tentu ada baiknya.
Orang yang berpikir secara terbuka biasanya juga bisa menerima ide-ide orang lain, menjadi pendengar yang baik, dan disenangi banyak orang.
Lalu sebenarnya bagaimana menjadi orang yang open minded? Berikut ada 5 cara yang bisa dicoba:
1. Mernghargai Pendapat Orang Lain

Kamu mungkin memiliki pendapat tersendiri tentang sesuatu, namun begitu jugalah dengan orang lain. Mereka tentunya juga punya pendapat dan pandangan mereka sendiri. Pahamilah setiap orang tidak sama dan berasal dari latar belakang yang berbeda. Jadi hargailah pendapat orang lain. Dari sinilah, kamu belajar tentang toleransi dan tidak mudah menjudge atau menghakimi orang lain begitu saja.
2. Pelajari hal baru

Jangan pernah berhenti belajar, jika kamu sudah merasa sudah sangat ahli di dalam bidang tertentu, cobalah pelajari sesuatu di bidang lain. Ini akan memperkenalkanmu pada hal-hal baru yang mungkin selama ini belum kamu ketahui dan juga memperkaya dirimu dengan keterampilan-keterampilan baru jadi jangna pernah membatasi dirimu.
3. Perbanyak Membaca

Banyak membaca dapat mengatasi pemikiran yang sempit, Ketika membaca , kamu sebenarnya telah mempelajari hal-hal baru tanpa mengalaminya secara langsung. Dengan membaca, wawasan kamu tentang dunia juga menjadi lebih luas.
Orang yang rajin membaca, biasanya meiliki banyak pengetahuan dan cenderung berpikiran lebih terbuka daripada orang yang malas membaca.
4. Traveling

Dengan traveling, kamu dapat bertemu dengan orang-orang lain dari latar beakang budaya yang berbeda. Pada awalnya, mungkin akan mengalami culture shock,namun dari situlah kamu belajar tentang budaya lain. Hal seperti inilah yang dapat memperkaya pengetahuan kamu tentang dunia dan juga belajar lebih menghargai budaya orang lain.
5. Berdiskusi

Dengan berdiskusi ke orang yang lebih dewasa dan lebih bijak, tentu kamu akan mempelajari banyak hal dan memiliki pandangan yang lebih luas tentang sesuatu. Cobalah berdiskusi tentang budaya, politik, agama, dan hal-hal menarik lainnya. Hal ini akan berdampak sangat baik di hidupmu jika kamu berdiskusi dengan orang yang tepat.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer