Saturday 23 February 2019

Tottenham Hotspur Tersungkur di Turf Moor



Meski kembali diperkuat Harry Kane, Tottenham Hotspur gagal meraih kemenangan saat melawat ke markas Burnley. Tottenham dipaksa menyerah dengan skor akhir 1-2.

Memainkan laga Liga Inggris di Turf Moor, Sabtu (23/2/2019) malam WIB, Kane comeback setelah sembuh dari cedera pergelangan kaki yang diderita pada Januari lalu. Namun demikian, Tottenham justru tertinggal lebih dahulu setelah Chris Wood membuka keunggulan di awal babak kedua.

Kane kemudian menciptakan gol balasan Tottenham untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, Ashley Barnes berhasil membuat gol kedua Burnley, sekaligus memastikan tiga poin bagi tuan rumah.

Kekalahan ini memukul Tottenham yang sedang bersaing dalam perebutan gelar juara. Dengan mengoleksi 60 poin hasil 27 pertandingan, Tottenham tetap tertinggal lima angka dari Liverpool dan Manchester City di dua posisi teratas. Sementara itu, Burnley naik ke posisi 13 dengan raihan 30 poin.

Babak pertama berjalan cukup adem meskipun Tottenham mendominasi penguasaan bola. Namun, Burnley bertahan dengan solid sehingga menyulitkan tim tamu untuk menciptakan peluang bersih. 

Peluang terbaik Tottenham didapat di menit ke-16. Kane terbebas di tepi kotak penalti Burnley tapi sepakan kaki kirinya melenceng.

Serangan balasan berbahaya diciptakan Burnley 23 menit kemudian. Jeffrey Hendrick mengirim umpan dari sayap kanan kepada Ashley Barnes di tepi kotak penalti, yang disambut dengan tendangan first-time. Namun, bola melayang di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Di sisa waktu babak pertama, tidak ada peluang berarti yang terlahir. Skor seimbang tanpa gol menandai jeda permainan.

Usai restart, temp permainan meningkat. Tottenham nyaris membuka keunggulan setelah Kane melepaskan tembakan kencang jarak jauh yang memaksa Tom Heaton melakukan penyelamatan di sudut atas gawang Burnley.

Burnley mengejutkan Tottenham. Sekalipun di bawah tekanan, Burnley berhasil memecah kebuntuan di menit ke-57 untuk memimpin 1-0.

Diawali dari situasi sepak pojok, Dwight McNeil mengirim bola ke tengah kotak penalti yang disambut Chris Wood dengan sundulan. Bola meluncur ke arah tiang dekat, yang sempat mengenai tiang sebelum masuk ke gawang.

Kubu Tottenham protes atas keputusan pemberian sepak pojok kepada Burnley. Pasalnya, saat dalam duel dengan Jan Vertonghen, bola akhir mengenai Hendrick sebelum ke luar.

Kurang dari 10 menit kemudian, Tottenham menciptakan gol balasan untuk menjadikan skor seimbang 1-1 di menit ke-65. Gol tersebut tercipta dari lemparan ke dalam Danny Rose yang menemui Kane. 

Striker Tottenham itu melesat melewati pertahanan Burnley sebelum melakukan penyelesaian dari sudut sempit yang menaklukkan Heaton.

Enam menit kemudian, Tottenham hampir kebobolan. Juan Foyth gagal mengamankan bola dengan benar sehingga Hendrick memperoleh ruang untuk melepakan sepakan mendatar. Bola bergulir tipis ke luar tiang gawang.

Saat pertandingan memasuki 10 menit terakhir, Burnley akhirnya kembali mendapatkan kepemimpinannya. Barnes menjebol gawang Tottenham sehingga tim tuan rumah unggul 2-1 di menit ke-83.

Serge Aurier gagal mengamankan bola serangan Burnley dengan baik. Pemain pengganti Johann Gudmundsson melewati Christian Eriksen sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola langsung disambar Barnes dari jarak dekat.

Tottenham mulai frustrasi karena Burnley kembali bertahan dengan baik usai unggul. Di akhir injury time, Tottenham memperoleh peluang saat crossing Rose disundul Erik Lamela. Namun bola terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap Heaton.

BURNLEY: Headton, Bardsley, Mee, Tarkows, Taylor, Cork, Westwood, Hendrick (Brady 80'), Barnes, Wood, McNeil (Gudmundsson 81')

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose, Alderweireld, Aurier, Foyth (Lamela 76'), Sissoko, Eriksen, Winks (Llorente 62'), Son (Moura 89'), Kane 
(rin/nds) [detik]

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer