Monday 11 March 2019

TETAPLAH DISINI

'Tetaplah Disini'

Oleh : Harifan Azhari
HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Dalam nasihat lama orang tua dulu sering bilang
"Lebih Baik Hujan Batu Di Negeri Sendiri, Dari Pada Hujan Emas Di Negeri Orang"
tetaplah tinggal dan jangan tinggalkan negeri ini.
Seperti dalam syair Indonesia Pusaka "Disana (Indonesia) tempat lahir beta, dibuai dibesarkan bunda. Tempat berlindung dihari tua sampai akhir menutup mata"
Lahir dan tumbuhlah dinegeri pertiwi karena di negeri ini banyak hal yang tidak kau dapat dari negeri lain. Negeri dengan kekayaan sumber daya alam yang kaya, negeri lainpun iri dengan negeri ini.

"Jika kau bilang negeri ini miskin.?" Kau salah besar. Dulu bertahun-tahun lalu.
Banyak negeri yang menjajah bumi pertiwi, mengapa.?
Karena mereka tahu disini negeri kaya raya. Negeri agraris dan maritim, bukan hanya itu negeri ini punya isi perut bumi yang melimpah dan berharga. Emas, logam, nikel, minyak, gas dan lain sebagainya. Ada di sini, dan tidak kau temukan dinegeri lain.

"Jika kau bilang negeri ini sempit dan membosankan, kau saja yang tak tahu dan belum menelusuri seluruhnya. Bentangan alam dari sabang sampai marauke betapa indah dan luasnya alam dinegeri ini.
Besar dan tumbuh serta banggalah pada negeri ini. Yang memberikan segala kebutuhan yang kita perlukan.

"Jika kau bilang di negeri ini susah cari kerja.!" andai aku dan kamu mempunyai kemampuan mumpuni yang memahami segala potensi, bukankah semua sudah tersedia disini. Negeri kaya nan elok sejauh mata memandang, hutan di Kalimantan menjadi paru-paru dunia, pantai di Bali menjadi surga dunia, dan masih banyak yang lainnya.

Negeri ini negeri yang penuh perjuangan, para pahlawan rela mengorbankan jiwa raga dan harta. Lumuran keringat, air mata dan darah mengalir dari para pahlawan bangsa. Mengapa.? Karena mereka tidak ingin anak cucunya nanti hidup susah dalam penjajahan, merasa tidak nyaman dan aman dalam kehidupan di negeri pertiwi.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer